A.
Karakteristik
Penilaian
Penilaian dalam
kurikulum 2013 memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Belajar
tuntas
Asumsi yang digunakan
dalam belajar tuntas adalah peserta didik dapat mencapai kompetensi yang telah
ditentukan apabila peserta didik diberi waktu yang sesuai dengan
kebutuhannya,peserta didik yang penerimaannya agag lambat perlu diberi waktu
yang lebih lama.
2. Otentik
Penilaian dan
pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan. Penilaian otentik
mencerminkan masalah dunia nyata, bukan
dunia sekolah. Penilaian otentik tidak hanya mengngukur apa yang diketahui oleh
peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh
peserta didik.
Berikut contoh-contoh
tugas otentik :
·
Pemecahan masalah matematika
·
Melaksanakan percobaan
·
Bercerita
·
Menulis laporan
·
Berpidato
·
Membaca puisi
·
Membuat peta perjalanan
3.
Berkesinambungan
Penilaian
berkesinambungan dimaksudkan sebagai penilaian yang dilakukan secara terus
menerus dan berkelanjutan selama pembelajaran berlangsung. Tujuannya agar dapat
mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik , memantau proses, kemajuan,
dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk penilaian proses dan berbagai
jenis ulangan secara berkelanjutan (ulangan harian, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester).
4. Menggunakan
teknik penilaian yang bervariasi
Teknik penilaian yang dipilih
dapat berupa tertulis, lisan , produk , portofolio, unjuk kerja,projek,
pengamatan, dan penilaian diri.
5. Berdasarkan
acuan kriteria
Kemampuan peserta didik
tidak dibandingkan terhadap kelompoknya , tetapi dibandingkan terhadap kriteria
yang ditetapkan misalnya ketuntasan
minimal, yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing. Kemampuan
peserta didik tidak dibandingkan terhadap kelompoknya , tetapi dibandingkan
terhadap criteria yang ditetapkan misalnya ketuntasan belajar dengan
mempertimbangkan karakteristik peserta
didik.
Kkm perlu diketahui
agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami atau menyerap materi
sehingga apabila ada siswa yang dianggap belum menguasai guru bisa melakukan
tindakan agar siswa dapat tertolong dalam
pembelajaran (tidak ketinggalan).
B.
Jenis
penilaian
Penilaian
pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian
diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan ,ulangan harian, ulangah semester
dan ulangan akhir semester dan ulangan akhir semester yang diuraikan sebagai
berikut.
1. Penilaian
otentik adalah penilaian yang dilakukan secara komperhensif untuk menilai aspek
sikap , pengetahuan , keterampilan , proses, sampai keluaran (output)
pembelajaran.. penilaian otentik bersifat alami dan apa adanya.
2. Penilaian
diri adalah penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara
reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah
ditetapkan.
3. Penilaian
berbasis portofolio merupakan penilaian yang dilaksanakan untuk menilai
keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan
perseorangan.
4. Ulangan
adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kemajuan
pembelajaran.
5. Ulangan
harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai
kompetensi peserta didik stelah mnyelesaikan satu subtema. Ulangan harian
terintegrasi dengan proses pembelajaran lebih mengukur aspek pengetahuan, dalam
bentuk tes tulis, tes lisan,dan penugasan.
6. Ulangan
tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur
pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan
pembelajaran.
7. Ulangan
akhir semester merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di
akhir semester.
Selain penilaian
diatas, ada beberapa jenis penilaian antara lain :
1. Ujian
tingkat kompetensi yang selanjutnya disebut UTK merupakan kegiatan pengukuran
yang dilakukan oleh satuan pendidikan .
2. Ujian
mutu tingkat kompetensi yang selanjutnya disebut UMTK merupakan kegiatan
pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui pencapaian tingkat
kompetensi.
Penilaian
dilakukan secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan
untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung
(penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan.
C.
Teknik
Penilaian di SD
Penilai di SD dilakukan dalam berbagai teknik untuk
semua kompetensi antara lain ada sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
1. Sikap
a. Contoh
muatan KI-1 (sikap spiritual) antara lain:
·
Ketaatan beribadah
·
Berperilaku syukur
·
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
·
Toleransi dalam beribadah
b. Contoh
muatan KI-2 (sikap sosial) antara lain :
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
·
Santun
·
Peduli
·
Percaya diri
Penilaian
aspek sikap dilakukan melalui observasi,
penilaian diri , penilaian antar teman ,
dan jurnal.
a.
Observasi
Merupakan
kegiatan pengamatan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun
tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah
indikator perilaku yang diamati.
b.
Penilaian diri
Merupakan
teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan
dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi.
c.
Penilaian antar teman
Penilaian
dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkai dengan sikap dan
perilaku keseharian peserta didik.
d.
Jurnal catatan guru
Merupakan
catatan pendidik didalam dan luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan
tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan
perilaku.
2. Pengetahuan
Aspek pengetahuan dapat
dinilai dengan cara berikut :
a.
Tes tertulis
Tes
tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya berupa pilihan ganda , isian ,
benar salah , menjodohkan dan uraian.
b.
Tes lisan
Tes
lisan berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga
peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara ucap sehingga menimbulkan
keberanian.
c.
Penugasan
Penugasan
adalah penilaian yang dilakukan oleh pendidik yang dapat berupa pekerjaan rumah
baik secara individu ataupun kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya.
3. Keterampilan
Aspek keterampilan
dapat dinilai dengan cara sebagai berikut :
a. Penilaian
yang meminta siswa untuk melakukan suatu tugas pada situasi sesungguhnya yang
mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkannya.
b. Projek
Penilaian projek merupakan
penilaian terhadap tugas yang mengandung investigasi dan harus diselesaikan
dalam periode tertentu. Tugas tersebut
meliputi perencanaan , pelaksanaan, pelaporan. Projek juga akan memberikan
informasi tentang pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran tertentu,
kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, dan kemampuan siswa untuk
mengkomunikasikan informasi.
c.
Portofolio
Portofolio
merupakan penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara
sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu.
Portofolio merupakan bagian terpadu dari pembelajaran sehingga guru mengetahui
sedini mungkin kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam menguasai kompetensi
pada satu tema. Misalnya membuat laporan
akhir beserta catatan catatan sebagai tentang karya peserta didik sebagai
masukan perbaikan lebih lanjut.
Disamping
memuat karya-karya anak beserta catatan guru , terkait kompetensi membuat
laporan .
Agar
penilaian portofolio berjalan efektif guru beserta peserta didik perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Masing-masing
peserta didik memiliki portofolio sendiri yang didalamnya memuat hasil belajar
siswa setiap muatan pelajaran atau kompetensi.
2. Menentukan
hasil kerja apa yang perlu dikumpulkan atau disimpan.
3. Sewaktu-waktu
peserta didik diharuskan membaca catatan guru yang berisi komentar, masukkan
dan tindakkan lebih lanjut yang harus dilakukan oleh siswa.
4. Peserta
didik dengan kesadaran sendiri menindak lanjuti catatan guru.
5. Catatan
guru dan perbaikan hasil kerja yang dilakukan peserta didik perlu diberi
tanggal sehingga guru mengetahui perkembangan.
Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
BalasHapus> Hoki anda ada di sini <
1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
Kami memberi bukti bukan Janji
Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!