MAKALAH PPD

| Minggu, 26 Mei 2013


MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK PADA PESERTA DIDIK


Disusun Oleh :
                          Muhammad Sucahyo           (A510120235)
                          Kresna                                    (A510120210)
                          LilisAmbarwiratmi                (A510120214)
                          Anggun Pranoto                    (A510120217)
                          Ardwiyan Oktavia P             (A510120232)



PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013
Pengertian Intelegensi
Menurut para ahli, pengertian inteligensi:
         Ebbinghaus: kemampuan untuk membuat kombinasi
         Terman: kemampuan untuk bepikir abstrak
         Thorndike: hal yang dapat dinilai dengan taraf ketidaklengkapan dari pada kemungkinan kemungkinan dalam perjuangan hidup individu
         Wechler: kemampuan bertindak degan menetapkan suatu tujuan, untuk  berpikir rasional, dan untuk berhubungan dengan lingkungan sekitarnya secara memuaskan
         Binet: kemampuan untuk menetapkan dan mepertahankan tujuan, untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu untuk bersikap kritik terhadap diri sendiri
Dengan demikianIntelegensi atau kecerdasan adalah kemampuan untuk melakukan abstraksi serta berpikir logis dan cepat sehingga dapat bergerak dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru. Kecerdasan (intelegensi) secara umum dipahami pada dua tingkat yaitu kecerdasan sebagai suatu kemampuan yaitu untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran.
Kecerdasan majemuk (Gardner) adalah Terdapatberagamkemampuanataupengetahuan yang dapatmembantuseseorangdalammemperkayakehidupannyadanmeresponlingkungansecaraefektif. Salah satu kecerdasan itu ialah kecerdasan verbal linguistik.

Kecerdasan Verbal Linguistik
Kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata – kata secara efektif baik secara oral/lisan maupun secara tertulis. Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa secara umum. Orang yang memiliki intelegensi linguistik tinggi akan berbahasa dengan lancar, baik, dan lengkap. Ia mudah untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, mudah belajar beberapa bahasa. Orang tersebut dengan mudah mengerti urutan dan arti kata-kata dalam belajar bahasa. Mereka mudah untuk menjelaskan, mengajarkan, dan menceritakan pemikirannya pada orang lain. contohnya pencipta puisi, editor , jurnalis, dramawan, sastrawan, orator Tokoh

Ciri ciri anak yang memiliki kecerdasan verbal linguistik lebih
¨  Menulislebihbaikdarianak-anakseusianya
¨  Banyakberbicaratentanghal-hal yang diketahui
¨  Seringmembuatlelucon
¨  Seringmenceritakancerita-cerita
¨  Mudahmengingatnama-nama,tempat,tanggal kejadian2 penting
¨  Senangdenganpermainan kata-kata
¨  Senangmembacabuku
¨  Senangpuisi,irama kata
¨  Memilikikosa kata yang lebihdarianak-anakseusianya

Sehingga untuk mengembangkan atau memberikan kecerdasan verbal linguistik pada peserta didik ada banyak cara yang dapat kita gunakan di antaranya.
1.      Rekam pembicaraan peserta didik tersebut dengan tape recorder lalu suruh peserta didik itu untuk mendengarkanya kembali
2.      Kunjungi perpustakaan dan toko buku secara teratur.
3.      Suruh mereka mendengarkan rekaman ahli pidato, penyair, pendongeng dan pembicara yang terkenal.
4.      Buat buku harian atau usahakan untuk menulis tentang apa yang mereka lakukan dan apa saja yang ada dalam pikiran mereka setiap hari.
5.      Dalam proses pembelajaran sediakan waktu untuk bercerita walaupun hanya sedikit saja.
6.      Ketika  pembelajaran selingi dengan sedikit lelucon,
7.      Buatlah teka teki atau permainan kata
8.      Suruh mereka menghafalkan puisi atau kutipan prosa kegemaran mereka.
Akan lebih baik jika pengembangan kecerdasan linguistik ini ditunjang dengan pengembangan self smart, logic smart dan people smart. Ketiga kecerdasan itu akan lebih meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengolah kata, serta akan memperluas pengetahuan peserta didik.









PENUTUP

Kesimpulan
            Dari pembahasan yang kami berikan diatas maka dapat kami simpulkan bahwa kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata – kata secara efektif baik secara oral/lisan maupun secara tertulis. Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa secaa umum.
            untuk mengembangkan atau memberikan kecerdasan verbal linguistik pada peserta didik dapat dilakukan bebagai cara diantaranya :
1.      Kunjungi perpustakaan dan toko buku secara teratur.
2.      Suruh mereka mendengarkan rekaman ahli pidato, penyair, pendongeng dan pembicara yang terkenal.
3.      Buat buku harian atau usahakan untuk menulis tentang apa yang mereka lakukan dan apa saja yang ada dalam pikiran mereka setiap hari.
4.      Dalam proses pembelajaran sediakan waktu untuk bercerita walaupun hanya sedikit saja.
5.      Kita pembelajaran selingi dengan sedikit lelucon,
6.      Buatlah teka teki atau permainan kata
7.      Suruh mereka menghafalkan puisi atau kutipan prosa kegemaran mereka.












DAFTAR PUSTAKA

Abubakar, Baraja.2008.Perkembangan Psikologi.Jakarta Timur: Studia press.




















LAMPIRAN
ES BREAKING 1
Atas bawah geleng geleng
Atas bawah geleng geleng
Geleng kiri, geleng kanan
Atas bawah geleng geleng

Atas bawah goyang goyang
Atas bawah goyang goyang
Goyang kiri, goyang kanan
Atas bawah goyang goyang

Tepuk atas tepuk bawah
Tepuk atas tepuk bawah
Tepuk kiri, tepuk kanan
Berputar.... tepuk tangan
gerakanya,
1.      Atas bawah, tangan pegang kepala pundak , kalau geleng geleng ya kepalanyayang geleng geleng.
2.      Atas bawah, pundak dan pinggang, goyang goyang ya pinggulnya, digoyang goyang
3.      Tepuk ya sama dengan lagunya.

ES BREAKING 2
Angkatlah tanganmu taruhlah dipinggang,
Ayo goyang goyang kekiri kekanan
Maju kedepan mndur kebelakang
Melompat lompat seperti kelinci
Maju kedepan mundur kebelakang
Melompat lompat seperti kelinci
Maju kedepan mundur kebelakang
(gerakanya sesuai dengan lagunya)

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲