FUNGSI
BIMBINGAN KONSELING
Anggota
Kelompok:
Muhammad Sucahyo (A510120235)
Esti Nur S (A510120211)
Ibnu Nasrulloh (A510120213)
Maya Exsanti (A510120226)
Farida Rahmawati (A510120227)
PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013
Layanan
bimbingan dan konseling yang dilaksanakan disekolah dasar tidak dapat
dilaepaskan dari fungsi bimbingan konseling. Pelayanan bimbingan konseling
mengembangkan sejumlah fungsi yang hendak dipenuhi dan diterapkan di melalui
pelaksanaan kegitan yang dilaksanakan di berbagai lingkungan terutama lingkungan sekolah dasar. Fungsi merupakan
bagian utama dari cabang kerja yang selanjutnya terbagi menjadi berbagai
aktivitas. Dengan demikian fungsi bimbingan dan konseling adalah hal hal yang
terkait dengan aktivitas yang dilakukan dalam pelaksanaan program bimbingan dan
konseling yang dilaksanakan disekolah. Tetapi kebanyakan di sekolah sekolah,
pelayanan bimbingan konseling sering disalah artikan, yaitu ditujukan hanya
untuk menangani anak anak yang suka mengganggu teman, bolos, malas belajar dan
sebagainya. padahal pelayanan bimbingan konseling ditujukan untuk semua anak
tanpa terkecuali, ntermasuk anak anak yang bias saja. Bagi mereka, pelayanan
bimbingan konseling tentu bersifat pencegahan, agar mereka terhindar dari
perilaku yang dapat menghambat pencapaian prestasi belajar yang optimal. Jika
kekliruan ini tidak segera dibenahi maka kesan bahwa bimbinga konseling hanya
menangani anak anak bermasalah akan terus berlanjut.
Ahli
ahli bimbingan yang mengemukakan tentang fungsi bimbingan dan konseling antara
lain:
1. Prayitno
dan Amti E (2004:194)
a. Fungsi
pemahaman
b. Fungsi
pencegahan.
c. Fungsi
pengentasan
d. Fungsi
pemeliharaan dan pengembangan.
2. Nurihsan
A J (2006:8-9)
a. Fungsi
pengembangan
b. Fungsi
penyaluran
c. Fungsi
adaptasi
d. Fungsi
penyesuaian
3. Tohirin
(2007:39-50)
a. Fungsi
pencegahan
b. Fungsi
pemahaman
c. Fungsi
pengentasan
d. Fungsi
pemeliharaan
e. Dungsi
penyaluran
f. Fungsi
penyesuaian
g. Fungsi
pengembangan
h. Fungsi
perbaikan
i.
Fungsi advokasi.
Fungsi pemahaman
Yaitu
fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu
oleh pihak pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan siswa
Fungsi pencegahan
Fungsi
pencegahan yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menhasilakan
terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul yang
akan dapat mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan kesulitan kerugian
kerugian tertentu pada proses perkembangannya.
Fungsi pengentasan
yaitu fungsi bimbingan konseling yang akan
menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami
oleh peserta didik. Fungsi pengentasan hendaknya tetap dilakukan dengan
memberdayakan seluruh kemampuan siswa dan/atau pihak-pihak yang dekat dengan
siswa, sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan siswa dan/atau
pihak-pihak yang dekat dengan siswa, dan bukan keputusan guru yang dipaksakan
pada siswa. Untuk mendukung itu, keterampilan guru, terutama yang terkait
dengan fungsi pengentasan, baik melalui kegiatan konseling perorangan maupun
kelompok perlu terus ditingkatkan..
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan yaitu fungsi
bimbingan konseling yang akan menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya
berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan
dirinya secara mantap dan berkelanjutan. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan
dalam pelaksanaannya tidak akan secara efektif dilaksanakan jika guru memahami
betul peserta didik yang dibimbingnya, sehingga berbagai jenis layanan yang
diberikan untuk terpelihara dan trkembangkan potensi para siswa sesuai dengan
kebutuhan dan keadaan siswa itu sendiri.
Fungsi
penyaluran.
Fungsi bimbingan konseling dalam hal membantu siswa
untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah dan lapangan pekerjaan yang sesuai
dengan minat bakat dan ciri ciri kepribadian lainnya.
Fingsi
adaptasi
Yaitu fungsi bimbingan konseling dalam hal membantu
petugas petugas disekolah, khususnya guru, khususnya guru untuk mengadaptasikan
program pendidikan dengan minat, kemampuan dan kebutuhan para peserta didik.
Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru
pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik
secara tepat baik dalam mengelola dan memilih materi pelajaran yang tepat atau
dalam mengadaptasikan bahan pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa.
Fungsi penyesuaian.
Fungsi
bimbingan dan konseling dalam ragka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian
pribadi, memperoleh kemajuan dan berkembang secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan
dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.
Fungsi perbaikan
Bimbingan
dan konseling berfungsi dalam rangka membantu siswa memperbaiki kondisi mereka
yang dipandang kurang memadai
Fungsi advokasi
Fungsi
untuk membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentinganya
yang kurang mendapatkan perhatian.
0 komentar:
Posting Komentar