FUNGSI BIMBINGAN KONSELING

| Rabu, 15 Januari 2014
  
FUNGSI BIMBINGAN KONSELING




Anggota Kelompok:

Muhammad Sucahyo                       (A510120235)
Esti Nur S                                        (A510120211)
Ibnu Nasrulloh                                 (A510120213)
Maya Exsanti                                   (A510120226)
Farida Rahmawati                            (A510120227)



PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013

Layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan disekolah dasar tidak dapat dilaepaskan dari fungsi bimbingan konseling. Pelayanan bimbingan konseling mengembangkan sejumlah fungsi yang hendak dipenuhi dan diterapkan di melalui pelaksanaan kegitan yang dilaksanakan di berbagai lingkungan terutama  lingkungan sekolah dasar. Fungsi merupakan bagian utama dari cabang kerja yang selanjutnya terbagi menjadi berbagai aktivitas. Dengan demikian fungsi bimbingan dan konseling adalah hal hal yang terkait dengan aktivitas yang dilakukan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan disekolah. Tetapi kebanyakan di sekolah sekolah, pelayanan bimbingan konseling sering disalah artikan, yaitu ditujukan hanya untuk menangani anak anak yang suka mengganggu teman, bolos, malas belajar dan sebagainya. padahal pelayanan bimbingan konseling ditujukan untuk semua anak tanpa terkecuali, ntermasuk anak anak yang bias saja. Bagi mereka, pelayanan bimbingan konseling tentu bersifat pencegahan, agar mereka terhindar dari perilaku yang dapat menghambat pencapaian prestasi belajar yang optimal. Jika kekliruan ini tidak segera dibenahi maka kesan bahwa bimbinga konseling hanya menangani anak anak bermasalah akan terus berlanjut.
Ahli ahli bimbingan yang mengemukakan tentang fungsi bimbingan dan konseling antara lain:
1.      Prayitno dan Amti E (2004:194)
a.       Fungsi pemahaman
b.      Fungsi pencegahan.
c.       Fungsi pengentasan
d.      Fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
2.      Nurihsan A J (2006:8-9)
a.       Fungsi pengembangan
b.      Fungsi penyaluran
c.       Fungsi adaptasi
d.      Fungsi penyesuaian
3.      Tohirin (2007:39-50)
a.       Fungsi pencegahan
b.      Fungsi pemahaman
c.       Fungsi pengentasan
d.      Fungsi pemeliharaan
e.       Dungsi penyaluran
f.       Fungsi penyesuaian
g.      Fungsi pengembangan
h.      Fungsi perbaikan
i.        Fungsi advokasi.


Fungsi pemahaman
Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan siswa
Fungsi pencegahan
Fungsi pencegahan yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menhasilakan terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul yang akan dapat mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan kesulitan kerugian kerugian tertentu pada proses perkembangannya.
Fungsi pengentasan
yaitu fungsi bimbingan konseling yang akan menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Fungsi pengentasan hendaknya tetap dilakukan dengan memberdayakan seluruh kemampuan siswa dan/atau pihak-pihak yang dekat dengan siswa, sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan siswa dan/atau pihak-pihak yang dekat dengan siswa, dan bukan keputusan guru yang dipaksakan pada siswa. Untuk mendukung itu, keterampilan guru, terutama yang terkait dengan fungsi pengentasan, baik melalui kegiatan konseling perorangan maupun kelompok perlu terus ditingkatkan..
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan.
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan yaitu fungsi bimbingan konseling yang akan menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan dalam pelaksanaannya tidak akan secara efektif dilaksanakan jika guru memahami betul peserta didik yang dibimbingnya, sehingga berbagai jenis layanan yang diberikan untuk terpelihara dan trkembangkan potensi para siswa sesuai dengan kebutuhan dan keadaan siswa itu sendiri.
Fungsi penyaluran.
Fungsi bimbingan konseling dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat bakat dan ciri ciri kepribadian lainnya.
Fingsi adaptasi
Yaitu fungsi bimbingan konseling dalam hal membantu petugas petugas disekolah, khususnya guru, khususnya guru untuk mengadaptasikan program pendidikan dengan minat, kemampuan dan kebutuhan para peserta didik. Dengan menggunakan informasi yang memadai mengenai para siswa, guru pembimbing/konselor dapat membantu guru untuk memperlakukan peserta didik secara tepat baik dalam mengelola dan memilih materi pelajaran yang tepat atau dalam mengadaptasikan bahan pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan siswa.
Fungsi penyesuaian.
Fungsi bimbingan dan konseling dalam ragka membantu siswa untuk memperoleh penyesuaian pribadi, memperoleh kemajuan dan berkembang secara optimal. Fungsi ini dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah.
Fungsi perbaikan
Bimbingan dan konseling berfungsi dalam rangka membantu siswa memperbaiki kondisi mereka yang dipandang kurang memadai
Fungsi advokasi
Fungsi untuk membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentinganya yang kurang mendapatkan perhatian.




0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲